Thursday, November 20, 2008

Cinta datang di saat yang paling nggak kamu duga

Pasti kamu udah sering denger frase itu.
Aku juga seriiing sekali denger. Kenapa?
Karena sebelum ada si Mas Ben, aku udah 20 tahun menjomblo.
Dan di saat gundah gulana menanti dijemput pangeran, kesel karena cowo yang aku suka nggak suka sama aku, banyak banget yang mengutarakan frase tadi.

Cinta datang di saat yang paling nggak kamu duga.

Dulu aku pikir, itu cuma cara orang-orang buat menenangkan gadis-gadis yang mereka sayang.
Dan secara psikologis, waktu kita menanti-nanti sesuatu, emang kerasa lama, kan? Seolah-olah yang kita tunggu gak dateng-dateng.
Makanya lebih mudah belajar sabar dan melupakan, dan suatu saat tiba-tiba BUUM datanglah si pujaan hati.

Tapi, saat ini, semuanya jadi lebih make sense, lebih dari sekadar bentuk penghiburan atau efek psikologis sebuah penantian. Mari simak teori baruku.
Tapi...ssttt... ini khusus buat cewek*)





Waktu kita menanti pacar...

Kita jadi banyak memperhatikan diri sendiri.
Penampilanku udah OK blom, ya? Aku keliatan perhatian gak, ya? Gimana ya supaya dia sadar kalo aku suka dia? Aku keliatan menarik gak ya? dst dst dst...

Dan waktu kita gak dapet perhatian dan balasan cinta, kita mulai mempersalahkan diri sendiri.
Kenapa ya temenku kok bisa lebih langsing? Kenapa ya kok aku gak bisa segampang dia dapet pacar? Apa ya yang bikin aku kalah dari dia? Boleh gak ya aku maju duluan? Kok dia gak mau berjuang buat dapetin aku sih? dst dst dst...

Dan tebak... waktu kita kebanyakan mikirin diri sendiri apa yang terjadi?
1. Udah pasti gak hepi. Soalnya entah kenapa cewe punya kecenderungan keseringan melihat rumput tetangga lebih hijau.
2. Kehabisan waktu buat menikmati dan menghargai orang-orang di sekitar kita. Waktunya abis buat ngelamun 'aku begini' dan 'aku begitu'.
3. Gak hepi bikin kita bete dan kehabisan waktu bikin kita rese. Bete dan rese bukan kombinasi bagus buat jadi cewe yang menarik buat para cowo di luar sana.

Naaaaah....
Karena kita udah jadi cewe yang lagi bete dan rese sama orang laen, kita jadi gak menarik buat para cowo, akibatnya....
Cowo-cowo 'kabur' dan gak mau deketin kita. (ya jelas lah...)
Dan berarti kita kembali ke awal siklus, yaitu menanti pacar.





Waktu kita nggak menanti pacar...

Kita jadi lebih nyaman dengan diri kita karena gak ada orang laen yang pengen kita buat 'terjerat'. Kita melakukan semua apa adanya, kita punya banyak temen karena gak hanya fokus sama satu atau beberapa orang cowo.

Kita punya banyak waktu buat bergaul dan menikmati kebaikan hati dari orang-orang di sekitar kita. Kita jadi punya banyak hal buat disyukuri dengan adanya mereka.

Dan tebak apa yang terjadi waktu kita gak mikirin diri sendiri:
1. Hepi karena gak tertekan harus menjadi orang lain demi menjerat pria.
2. Gak perlu abisin waktu buat kebanyakan merawat diri dan mikirin diri sendiri, jadi punya banyak waktu buat lebih deket sama Tuhan dan orang lain, dan jadi banyak hal buat disyukuri
3. Hepi bikin kita ceria dan bersyukur bikin kita lebih peduli. Ceria dan peduli (care), bukankah itu kriteria cewe idaman cowo-cowo?

Nah, akhirnya ada pria tepat yang ngejar dan dapet pacar deh.
Tepat di saat yang paling gak kita duga, saat kita paling gak memikirkan diri sendiri, saat kita jadi cewe paling manis tanpa kita sadari.

Makanya hukum kasih kedua yang Yesus ajarin:
Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri.
Tuhan yang kocak, hukum kasih yang keliatan berat gitu ternyata berguna dalam segala aspek kehidupan, termasuk cari pacar.



Aku masuk ke ruangan itu karena mau ikut briefing
pembimbing dan panitia buat Kamp Anak tahun 2006.
Tiba-tiba, orang di sebelahku yang aku sapa ngomong:

"Ulangtahunlu 28 April 87 kan?"
Itulah Mas Ben.



Didedikasikan buat 3 Sagitarius yang paling berpengaruh dalam hidupku (My Ma isn't included haha). Luv u!


*) Kenapa khusus buat cewe? Karena cuma cewe yang boleh menanti pacar. Kalo cowo-cowo, sadar dong, Bung! Kalian harus bergerak, berusaha, kejar tuh cewe-cewe manis kayak kami. Masa mau menanti pacar juga. Ntar tunggu-tungguan dong.

3 comments:

  1. emang si mas ben ngomong gitu pas ketemu pas briefing? bukannya pas sms2 gitu yah? hehehehehe...

    a good theory, and make sense too! hehe

    (btw, gw lagi menghitung dan menebak 3 sagitarius yang berpengaruh dalam hidup lo nih.. hihihihihi)

    ReplyDelete
  2. Saya pria dan saya ikut membaca... hehehe (tawa Homer)


    friendster.com/fatbuthappy

    ReplyDelete
  3. iya, Mas Ben ngomong gitu pas briefing kok, makanya langsung deg2an...hahahahahahaha

    ayo uda ketemu blom 3 orang nya?

    ReplyDelete