Wednesday, September 10, 2008

dari FS: The Mirror (9 Februari 2006)

Minggu lalu gw dapet sebuah teguran sekaligus pelajaran berharga...
Seorang temen gw tiba2 mengkritik gw. Intinya, dy bilang kalo gw sombong. Gw keliatan ngebanggain kepinteran gw (coz di kls nilai gw termasuk tinggi)

Dari dulu gw mang udah nyadar kalo kesombongan bakal jadi pergumulan seumur hidup gw. Padahal, gw juga sadar kesombongan itu bisa jadi induk dari dosa2 yg laen dan kesombongan bisa idup dalem macem2 kedok.
Orang bisa nolong orang karena sombong n ngerasa dirinya bae.
Orang bisa ngaku dosa, merendahkan diri krn sombong n ngerasa dirinya rendah hati.
Gw jg pengen banget lepas dari hal ini, n ini selalu ada dalem doa gw.

Walopun uda sadar, teguran minggu lalu dari temen gw itu, bner2 kaya geledek.
Masalahnya kejadian yg bikin dy negor gw itu suatu kejadian di mana gw bener2 ga lagi nyombongin diri. Bner2 ga ada motif ke sana. Tapi dy bilang, gaya gw juga nunjukin kesombongan itu.
Yang juga bikin tegoran ini nusuk banget... coz tegoran ini dateng di saat ini. Di saat gw lagi bner2 pgen hidup berintegritas, pengen hidup gw jadi garamnya Tuhan buat mengasinkan lingkungan gw, pengen lebih mengasihi sesama, pengen orang2 bisa kenal Tuhan karena dy liat anak Tuhan punya ketulusan dan karakter Kristus.
(latar blakang tekad gw ini ada di post "Unlimited!!!")

Karena itu smua, gw bner2 sedih waktu itu. Rasanya kacau. Gw berasa jadi batu sandungan bwt orang2 di sekitar gw. Mungkin aja sebnernya Tuhan mao bawa temen2 gw kenal Dia scara pribadi melalui hidup gw, tapi gw malah jadi penghalang temen2 gw bwt kenal Tuhan. Mungkin banyak yg ngomong, "ih Dina... orang Kristen, aktif di greja, tapi kok sombong?"
Dan itu semua terjadi gara2 sikap2 buruk yang gw lakuin tanpa sadar. Mungkin candaan2 yang nyeplos seenaknya, komentar2 yang ga perlu, celetukan yang ga dipikir dulu, dan hal2 laen yg kliatan sepele, tapi menggores bekas di hati orang laen.

Sungguh gw sedih dan malu banget. Tapi melalui penyesalan gw ini, Tuhan kasih beberapa pelajaran lagi bwt gw.

  • Pengendalian diri!!!!!!!!!!!!!!! Hidup kita kudu mencerminkan karakter Kristus kan? Nah... kalo cermin, ga mungkin kadang2 bner, kadang2 salah kasi bayangan. Kalo salah, dy akan selamanya salah. Kalo bner ya kudu selamanya bner. jangan separo2. Mkanya kita kudu kendaliin diri kita n tetep online ma Tuhan spy tetep kasi bayangan yg bner
  • hidup kita ini kesaksian buat orang laen. Makanya apapun yg kita lakuin kudu dipikir dulu. Jgn dengan alasan :"motif gw bner kok, Mreka aja yg salah nanggepin.". Itu egois namanya. Buat apa motif kita bner tapi sikap kita ga menunjukkan kasih? Pikirin di posisi orang laen gimana. Pertimbangkan karakter orang itu juga. Jangan kasi alesan : "kalo gw digituin mah ga kenapa2, mreka aja yg sensi.". Itu juga egois. Tiap orang punya karakter yg beda, pertimbangkan juga kalo karakter orang itu kaya gitu, kt musti gimana ngomongnya...
  • Gw ini orang yg sangat menghargai (bahkan mencintai) privasi. Tapi ini mungkin hanya salah satu bentuk ego gw yang ga mao diganggu orang laen. Makanya melalui hal ini gw juga blajar kalo gw kudu sedikit lepasi privasi gw untuk peduli sama orang laen, sama perasaannya, sama pemikirannya, n lebih sediain waktu bwt kasi yg terbaik bwt orang laen.

N yang penting juga.... jangan ngelakuin ini semua krn pgen dapet pengakuan ato disukai lingkungan kita. tapi lakukan krn kita pgen jadi saksi Tuhan yang bener di manapun kita ditempatkan melalui hidup kita sehari-hari...

sekali lagi... buat yg baca, tolong doain gw juga supaya bisa ngelakuin hal2 ini.

Soli Deo Gloria
karena aku hanyalah alat dan ilham sebuah alat adalah Tuannya

Kolose 4:5


No comments:

Post a Comment