Friday, September 26, 2008

Bau Kudus

Sekitar 1 minggu lalu, seperti biasa aku pulang magang naek Tije. Pas ngantri di Harmoni, aku merasakan bau-bau keti dari orang di depanku. Sambil menahan napas (karena aku nggak bisa geser di tengah antrian bagai pepes itu) aku 'menandai' si pemilik bau keti biar aku nggak usah duduk deket-deket dia.
Untungnya Tije dateng nggak lama kemudian, jadi aku bisa langsung masuk sambil kabur dari si sumber bau. Eh...pas udah duduk, bau keti kembali tercium. Hwaaah! padahal si sumber bau duduknya lumayan jauh kok. Sambil celingukan dan menghirup-hirup, aku akhirnya sadar ada sumber bau yang lain, mbak-mbak yang ternyata duduk di SEBELAH aku! Oh no!

Tiga bulan tiap ari naek Tije, baru kalin ini ngerasain ada yang bau keti, sekaligus dua! Yah mungkin karena udara panas Jakarta 2 minggu belakangan ini, ya?

Tapi Tuhan sungguh lucu, ngomong padaku melalui bau-bauan itu.
Waktu itu aku mikir, kenapa sih mereka bisa bau keti? Kalo orang bau keti sadar nggak sih kalo mereka bau keti? Aku jadi keinget sebuah advertorial deodorant yang bilang kalo orang nggak bisa cium bau badannya sendiri karena kalo udah terlalu sering nyium bau tertentu (karena sumbernya dari badan kita sendiri, yang udah pasti deket sama idung), orang jadi nggak berasa lagi kalo itu tuh baunya nggak enak.

Aku jadi keinget DOSA.
Dosa pasti seperti itu. Awalnya, kita cenderung enggan melakukan dosa (apapun itu), karena keliatan begitu busuk, begitu menjijikan, begitu 'bau'.
Tapi sekalipun sudah selamat, pada akhirnya banyak dari kita jatuh dalam dosa tertentu dan akhirnya terbelenggu. Awalnya jijik pada diri sendiri dan ingin lepas. Tapi lama kelamaan jadi terbiasa, jadi nggak terasa lagi kalo itu dosa, kalo itu busuk, dan kalo itu 'bau'.
Pada akhirnya, parahnya, kita akan ngerasa bahwa nggak ada yang salah dengan 'bau' itu. Bahkan mungkin merasa bahwa 'bau' itulah aroma udara yang sesungguhnya.

Kemudian aku kembali mengkhayal. Kalo gitu, KEKUDUSAN 'bau'nya seperti apa, ya? Mmm... bau kekudusan pasti wangi karena kekudusan itu indah. Kekudusan kan berasal dari Tuhan dan Tuhan is The Best Artis, jadi baunya pasti wangi.

Tapi, teman-teman, wangipun menyesatkan. Terlalu sering menghirup wangi yang sama, lama-kelamaan kita juga akan merasa bahwa itulah aroma udara yang sesungguhnya. Kita nggak sadar kalo kita sedang terjebak di dalam wangi tertentu.

Jadi, menurutku, bau kekudusan adalah TIDAK BERBAU.
Kenapa?

Karena kekudusan seharusnya adalah hakekat dari orang-orang pilihan dan Tuhan membuat kita hidup di dalam kekudusan. Sama seperti hakekat udara yang baik untuk kehidupan adalah yang tidak berbau.

Karena kekudusan membuat kita dekat dengan Tuhan yang berarti juga semakin mengerti kebenaran. Sama seperti orang yang berpikir 'bau' adalah aroma udara, lalu tiba-tiba menghirup udara sesungguhnya, yang tidak berbau. Akhirnya dia mengerti aroma udara sesungguhnya.

Karena kekudusan membebaskan. Terkadang menjaga kekudusan identik dengan hidup terkekang. Kekudusan harusnya membebaskan dan bukan mengekang. Sama seperti orang yang hidup dalam 'bau busuk' menghirup udara tanpa bau. Pada saat itulah baru ia baru sadar kalo selama ini yang dia kira aroma udara tuh ternyata bau busuk.

Karena itulah bau kekudusan bukan wangi. Karena jika orang yang hidup dalam 'bau busuk' menghirup wangi, ia cuma berpindah dari satu kekeliruan ke kekeliruan lain. Dia mungkin akan heran dengan aroma baru itu, mungkin akan nggak suka karena beda dengan yang biasa. Tapi saat udah terbiasa, ia juga akan mengira wangi itu aroma udara.

Guys, yakin nggak dengan aroma udara yang kalian hirup saat ini? Betulkah aromanya seperti itu? Atau kita yang udah terlalu terbiasa?
Sama yakinnya nggak dengan standar dan nilai hidup kita? Betulkah masih sesuai sama maunya Tuhan? Atau cuma berasa sesuai maunya Tuhan (padahal maunya kita) karena udah terbiasa?

No comments:

Post a Comment